Masa Aktif, Eksploitasi?

Kalo dipikir-pikir, sebenarnya kita udah dikadalin sama operator nih. Lha iya, kita beli pulsa pake duit sendiri, dibayar kontan, kalopun ngutang toh akan kita bayar, ngapain masih diatur-atur?

Ngga diatur-atur gimana, pulsa lima ribu misalnya, mau kita pake sehari, seminggu, sebulan kan suka-suka kita, ngapain dibatesi cuma 5 hari, 7 hari, bagus banget 10 hari (be kayane ngga ada yg sampe 10 hari), kalo lewat masa, status kartu jadi pasif. Dimanapun, sesuatu yg udah kita beli berarti udah jadi milik kita, kewenangan sepenuhnya milik kita, produsen/penyedia ngga berhak ikut ngatur, kecuali produk-produk tertentu yg jika tidak diatur penggunaannya memang bisa berakibat vatal, misal obat. Lha kalo pemakaian pulsa diatur, ngga ada alasan logisnya, aneh kan?.

Apa tumon, orang beli nasi di warteg penjuale ngasih aturan;

“mas, mba, nasinya harus habis dalam setengah jam, kalo ngga, makannya ngga boleh diterusin, saya ambil paksa!”, 

kan ngga ada aturan kaya gitu, kalopun ada lebih bersifat himbauan;

“maaf ya mas, mba, kalo udah selesai makan bayar aja dulu, ngobrolnya di depan aja, depan kereta yg lagi jalan”….wkwkwk.

Tingkat konsumsi pulsa tiap-tiap individu kan beda-beda, ada yg boros, super boros, ada yg irit juga super irit. Orang tua kita misalnya, kebanyakan dari mereka pegang hp cuma buat terima telfon dari anak-anaknya atau sodara-saodaranya yg kebetulan ngga bisa setiap hari ketemu. Tidak jarang dengan terpaksa, mereka beli pulsa hanya karena butuh masa aktif, ngindari kartu hangus. Sengaja, beli nominal kecil karena masih punya banyak sisa pulsa, belum juga habis pulsa, udah butuh masa aktif lagi, beli lagi, begitu seterusnya, kaya diperas jadinya. Duit yg seharusnya buat keperluan lain, terpaksa buat beli pulsa walopun ngga butuh pulsa.

Siapa yg untung? operator.

Jadi sebenarnya masa aktif buat apa? ngga usah berdalih dengan alasan biaya operasional, perawatan infrastruktur, dll deh. Tarif telfon udah mahal, sms mahal, tarif datapun mahal, udah lebih dari cukup tuh, apa masih kurang sampe dibela-belain bikin akal-akalan masa aktif?
Pulsa token stroom PLN ngga pake masa aktif, ngga ada masa kedaluarsa, kenapa pulsa selluler ngga?.

Dulu, waktu awal-awal GSM masuk Indonesia, operator masih berani ngasih masa aktif lumayan panjang, tapi makin ke sini semakin pendek dipangkasin terus. Sekarang lebih terlalu lagi (mau ngga mau kita harus kesal, dongkol, kecewa, enek, marah),
masa aktif diperjual belikan!.
Emang iya mas, mbak. Liat aja, sekarang udah ada layanan beli atau transfer masa aktif lho, mekanismenya potong pulsa, kebangeten ngga tuh?
Ini kan eksploitasi konsumen namanya.

Konsumen marah, ya wajar wong operatornya kurang ajar.

Kalo memang pemberlakuan masa aktif itu sudah sesuai regulasi, apa boleh buat, kita monggo monggo saja, sudah sesuai aturan pemerintah sudah seharusnya kita manut, kita ngalah walopun sebenarnya merugikan. Tapi, masa aktif jangan lantas diperjual belikan, menyakiti konsumen itu, keliatan banget kalo masa aktif alasan bisnis, alasan sepihak.

Mbok ya konsumen dihargai, cukuplah dibebani tarif mahal, jangan dieksploitasi apalagi dengan menghalalkan segala cara. Operator juga jangan hanya fokus pada pendapatan, perhatikan juga pelayanan, infrastruktur terutama. Tarif mahal infrastruktur handal mungkin kami anggap normal, tapi kalo tarif mahal infrastruktur kelas kadal, jelas bikin kesal.

Segitu aja, terima kasih.

One comment on “Masa Aktif, Eksploitasi?

  1. Maskur berkata:

    aku esih suwe tenggange
    maklum nomer metuan 2002, wis 12 tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s